Thursday , 8 December 2022
Home 4 Motivation of The Day (page 2)

Motivation of The Day

6 PERTANYAAN

Suatu hari Seorang Guru berkumpul dengan murid-muridnya… Lalu beliau mengajukan enam pertanyaan… Pertama… “Apa yang paling dekat dengan diri kita di dunia ini…???” Murid-muridnya ada yang menjawab… “orang tua”, “guru”, “teman”, dan “kerabatnya”… Sang Guru menjelaskan semua jawaban itu benar… Tetapi yang paling dekat dengan kita adalah “kematian”… Sebab kematian adalah PASTI adanya….. Lalu Sang …

Read More »

5 Menit Dapat Mengubah Hidup Anda

Sebelumnya saya telah meminta kepada Anda, dan sekarang meminta lagi untuk meluangkan 5 menit tiap hari, masuk ke ruang pikiran Anda. Tentu saja, ini ruang imajiner. Anda seharusnya membayangkan diri Anda sedang duduk di sebuah kursi dan ketika Anda memandang ke luar jendela, Anda melihat sebuah geyser (air mancur panas) melepaskan uap air. Ini simbol Anda sedang membiarkan ketegangan-ketegangan yang telah menekan Anda selama aktivitas sepanjang hari. Anda harus memeriksa diri Anda. Anda memiliki aset-aset dan kekurangan-kekurangan. Kekurangan Anda adalah ketakutan, kesunyian, kemarahan, dan ketidakpastian. Sedangkan aset-aset Anda adalah iman, pengertian, belas kasihan, dan rasa harga diri. Kelemahan-kelemahan Anda, emosi-emosi yang destruktif merupakan racun mematikan yang mempengaruhi batin Anda (Anda bagian di bagian dalam). Mereka mengaburkan citra diri Anda. Keraguan dan ketakutan Anda yang tidak berakhir merupakan kekejangan urat dan kerusakan yang tiada akhirnya, suatu kelumpuhan yang tidak akan sembuh. Kemarahan Anda dapat mencaci maki orang lain tetapi terlebih akan …

Read More »

Kerja adalah Kehormatan

Seorang eksekutif muda sedang beristirahat siang di sebuah kafe terbuka. Sambil sibuk mengetik di laptopnya, saat itu seorang gadis kecil yang membawa beberapa tangkai bunga menghampirinya. ”Om beli bunga Om.” ”Tidak Dik, saya tidak butuh,” ujar eksekutif muda itu tetap sibuk dengan laptopnya. ”Satu saja Om, kan bunganya bisa untuk kekasih atau istri Om,” rayu si gadis kecil. Setengah kesal dengan nada tinggi karena merasa terganggu keasikannya si pemuda berkata, ”Adik kecil tidak melihat Om sedang sibuk? Kapan-kapan ya kalo Om butuh Om akan beli bunga dari kamu.” Mendengar ucapan si pemuda, gadis kecil itu pun kemudian beralih ke orang-orang yang lalu lalang di sekitar kafe itu. Setelah menyelesaikan istirahat siangnya, si pemuda segera beranjak dari kafe itu. Saat berjalan keluar ia berjumpa lagi dengan si gadis kecil penjual bunga yang kembali mendekatinya. ”Sudah selesai kerja Om, sekarang beli bunga ini dong Om, murah kok satu tangkai saja.” Bercampur antara …

Read More »

Kisah Selembar Cek

Di sebuah keluarga, tinggallah seorang ayah dengan putra tunggalnya yang sebentar lagi lulus dari perguruan tinggi. Mereka berdua memiliki kesamaan minat yakni mengikuti perkembangan produk otomotif. Suatu hari, saat pameran otomotif berlangsung, mereka berdua pun ke sana.Melihat sambil berandai-andai. Seandainya tabungan si ayah mencukupi, kira-kira mobil apa yang sesuai budget yang akan di beli. Sambil bersenda gurau, sepertinya sungguh-sungguh akan membeli mobil impian mereka.

Read More »

Falsafah 5 jari

1. Ada si gendut jempol yang selalu berkata baik dan menyanjung. 2. Ada telunjuk yang suka menunjuk dan memerintah. 3. Ada si jangkung jari tengah yang sombong dan suka menghasut jari telunjuk. 4. Ada jari manis yang selalu menjadi teladan, baik, dan sabar sehingga diberi hadiah cincin. 5. Dan ada kelingking yang lemah dan penurut serta pemaaf (ingatkah anda waktu kecil kalau kita berbaikan dengan musuh kita pasti saling sentuh jari kelingking?) . Dengan perbedaan positif dan negatif yang dimiliki masing-masing jari, mereka bersatu untuk mencapai tujuan (menulis, memegang, menolong anggota tubuh yg lain, melakukan pekerjaan, dll). Pernahkah kita bayangkan bila tangan kita hanya terdiri dari jempol semua? Falsafah ini sederhana namun sangat berarti. Kita diciptakan dengan segala perbedaan yang kita miliki dengan tujuan untuk bersatu, saling menyayangi, saling menolong, saling membantu, saling mengisi, bukan untuk saling menuduh, menunjuk, merusak, dan bahkan membunuh. Sudahkah kasih sayang Anda hari ini bertambah?

Read More »

Mengapa Sulit Mengucap Syukur

Aku bermimpi suatu hari aku pergi ke surga dan seorang malaikat menemaniku dan menunjukkan keadaan di surga. Kami berjalan memasuki suatu ruang kerja penuh dengan para malaikat. Malaikat yang mengantarku berhenti di depanruang kerja pertama dan berkata, ” Ini adalah Seksi Penerimaan. Di sini, semua permintaan yang ditujukan pada Allah diterima”. Aku melihat-lihat sekeliling tempat ini dan aku dapati tempat ini begitu sibuk dengan begitu banyak malaikat yang memilah-milah seluruh permohonan yang tertulis pada kertas dari manusia di seluruh dunia. Kemudian aku dan malaikat-ku berjalan lagi melalui koridor yang panjang lalu sampailah kami pada ruang kerja kedua. Malaikat-ku berkata, “Ini adalah Seksi Pengepakan dan Pengiriman. Di sini kemuliaan dan berkat yang diminta manusia diproses dan dikirim ke manusia-manusia yang masih hidup yang memintanya”.

Read More »

KEPUASAN ADA DI RASA SYUKUR

Siang itu temanku tiba-tiba nelpon. Makan siang yuk, ajaknya. Oke, jawabku. kami masih belum ada ide mau makan dimana. Ide ke soto Pak Sadi segera terpatahkan begitu melihat bahwa yang parkir sudah sampai sebrang-sebrang. Akhirnya kami memutuskan makan gado-gado di Kertanegara. Bisa makan di mobil soalnya sampai di sana masih sepi. Baru ada beberapa mobil. Kami masih bisa milih parkir yang enak. Mungkin karena masih pada jumatan. Begitu parkir, seperti biasa, joki gado-gado sudah menanyakan mau makan apa, minum apa. Kami pesan dua porsi gado-gado + teh botol. Sambil menunggu pesanan, kami pun ngobrol. So, ketika tiba2 ada seorang pemuda lusuh nongol di jendela mobil kami, kami agak kaget.

Read More »

Bis Seperti apa yang kau tunggu

Sebuah bis datang, dan kau bilang, “Wah…terlalu sumpek dan panas, nggak bisa duduk nyaman nih! aku tunggu bis berikutnya saja” Kemudian, bis berikutnya datang. Kamu melihatnya dan berkata, “Aduh bisnya kurang asik nih dan kok gak cakep begini… nggak mau ah..” Bis selanjutnya datang, cool dan kau berminat, tapi dia seakan-akan tidak melihatmu dan melewatimu begitu saja. Bis keempat berhenti di depan kamu. Bis itu kosong, cukup bagus, tapi kamu bilang, “Nggak ada AC nih, gua bisa kepanasan”. Maka kamu membiarkan bis keempat pergi..

Read More »

Apa yang kita sombongkan

Seorang pria yang bertamu ke rumah Sang Guru tertegun keheranan. Dia melihat Sang Guru sedang sibuk bekerja; ia mengangkuti air dengan ember dan menyikat lantai rumahnya keras-keras. Keringatnya bercucuran deras. Menyaksikan keganjilan ini orang itu bertanya, Apa yang sedang Anda lakukan? Sang Guru menjawab,Tadi saya kedatangan serombongan tamu yang meminta nasihat. Saya memberikan banyak nasihat yang bermanfaat bagi mereka. Mereka pun tampak puas sekali. Namun, setelah mereka pulang tiba-tiba saya merasa menjadi orang yang hebat. Kesombongan saya mulai bermunculan. Karena itu, saya melakukan ini untuk membunuh perasaan sombong saya.

Read More »