Friday , 7 October 2022
Home 4 Motivation of The Day 4 INNER & OUTER SUCCESS

INNER & OUTER SUCCESS

Ketika ditanyakan kepada setiap orang, apa yang menjadi tujuan hidupnya ? Sebagian besar akan menjawab ingin menjadi manusia yang sukses. Karena manusia adalah makhluk pencipta kesuksesan, apa pun paradigma kesuksesan tersebut baginya. Kita cenderung terobsesi dengan berbagai prestasi tertinggi dalam kehidupan duniawi. Perhatikan sejarah kehidupan telah mengukir prestasi tujuh keajaiban dunia, seperti piramida di Mesir, tembok besar di Cina, kompleks Taj Mahal di India, dll. Itu semua adalah monumen simbul hebatnya karya akal pikiran manusia yang selalu terobsesi mencapai prestasi kesuksesan tertinggi.

Kisah kesuksesan dalam berbagai petualangan agung, seperti pendaratan Neils Amstrong di bulan, perjalanan mengelilingi dunia oleh Magelhaens atau Columbus, penerbangan pesawat ruang angkasa ke Mars, eksplorasi angkasa luar sampai ke galaksi-galaksi terjauh, semuanya adalah manifestasi dari roh kesuksesan manusia dalam dirinya. Karya-karya agung di berbagai bidang kehidupan, seperti karya sastra, seni lukis dan ilmu pengetahuan dan teknologi, semuanya dimotivasi oleh keinginan mencapai tingkat kesuksesan tertinggi.

[ad#adgridwork]

Pertanyaannya, benarkan prestasi ini adalah kesuksesan tertinggi yang sejati ? Bagaimanakah mendefinisikan paradigma makna kesuksesan hidup di tingkatan lebih tinggi ? Bagaimana untuk mencapai kesuksesan hidup yang lebih bermakna ?

Saya pribadi masih dalam taraf belajar dan terus menggali bagaimana sesungguhnya makna kesuksesan hidup dalam tingkatan yang lebih tinggi. Meski demikian, kita dapat mencermati penelitian yang dilakukan oleh Danah Zohar dan Ian Marshal, yang mengatakan, “Bahwa makna yang paling tinggi dan paling bernilai, dimana manusia akan merasa bahagia, justru terletak pada aspek spiritualitasnya”.

Demikian juga kita dapat menelaah pandangan pengusaha dan pendakwah, A’a Gymnastiar, yang mengatakan, “Orang sukses sejati adalah orang yang terus menerus berusaha membersihkan hatinya, terus meningkatkan kemampuan untuk mempersembahkan pengabdian terbaik dan memiliki keikhlasan dan kemuliaan akhlak.”

Disini berarti makna sukses sejati adalah bagaimana dapat mempersembahkan karya terbaik dalam hidup untuk kemaslahatan umat manusia. Mempersembahkan karya terbaik untuk kesejahteraan umat manusia dan alam semesta. Itulah “rahmatan lil ‘alamin, rahmat bagi seluruh alam”.

Kehidupan manusia sesunguhnya adalah pergulatan antara kepentingan fisik dan spiritual. Kepentingan “fisik” berupa hal-hal yang kita butuhkan untuk memenuhi kehidupan kita di dunia sekarang ini. Sedangkan kepentingan “spiritual” berupa hal-hal yang kita butuhkan untuk memenuhi kehidupan di dunia dan kehidupan selanjutnya di masa mendatang. Dengan demikian kepentingan spiritual merupakan sebuah kebutuhan sekarang dan sekaligus kebutuhan jangka panjang.

Setelah kematian, manusia masih harus melanjutkan kehidupan di akhirat nanti. Dan akhir kehidupan kita sesungguhnya adalah pada saat kita dihadapkan pada persidangan Allah SWT di akherat nanti.

Maka idealnya dalam menjalani kehidupan selalu berprinsip pada keseimbangan antara kepentingan “duniawi” dan kepentingan “ukhrawi”. Memandang makna sukses, sebaiknya selalu menyelaraskan antara “Inner Success” dan “Outer Success” dalam diri kita. Menggunakan segenap potensi kedahsyatan hati, akal pikiran dan kekuatan fisik untuk memenuhi kehidupan dunia dan tidak mengabaikan kepentingan spiritual yang menjadi modal dalam kehidupan akhirat.

Dalam mengejar berbagai aksesories kesuksesan duniawi, semata-mata hanya digunakan untuk kebaikan dan kemaslahatan umat manusia yang bernilai ibadah. Inilah prinsip “ihsan” dalam berkarya, berbisnis, bekerja, belajar maupun dalam kehidupan, yakni dilandasi hanya untuk kepentingan mengabdikan diri kita kedapa Allah Tuhan Yang Memiliki Kehidupan.

Kalau prinsip seperti ini dapat dipahami dan dijadikan sebagai landasan kehidupannya, maka hatinya akan senantiasai menuju “taqarrub” kepada sifat-sifat mulia Allah yang sudah “built in” dalam dirinya. Hati nuraninya akan dapat menjadi pembimbing dalam setiap langkah kehidupannya. Inilah kesuksesan yang akan memberikan makna lebih tinggi.

Check Also

5 Key Takeaways on the Road to Dominating

Just How to Cut Appliance Repair Service Costs For house owners that are looking for trusted, professional device repair service, there are a couple of choices available. [url]Check it out![/url] AV Appliance Service, based in New york city City, provides services for a lot of major brand names. Their staff has years of experience out …

A Quick Overlook of – Your Cheatsheet

Tips to Consider When Hiring a Press Release Service What is the meaning of a …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: