Untuk melihat berbagai kesempatan usaha yang ada di Internet ada baiknya kita melihat sebuah model sederhana dari bisnis / aplikasi Internet & telekomunikasi. Bagi pembaca yang masih pemula salah satu situs yang menerangkan secara sederhana tentang Internet adalah http://www.learnthenet.com. Prinsip dasar dari usaha Internet yang sering disebut sebagai dotcom company sebetulnya tidak rumit bahkan sederhana sekali; yaitu bagaimana caranya supaya kita (dotcom) dapat memberikan manfaat sebanyak / sebesar mungkin kepada masyarakat. Semakin banyak masyarakat yang merasakan manfaatnya maka akan kemungkinan untuk survive akan semakin tinggi. Dalam bahasa politiknya berusaha untuk memperoleh massa real sebanyak-banyak-nya untuk survive; massa mengambang tidak bisa menjamin kelanggengan kita dalam usaha di Internet.
Massa orang Indonesia di Internet pada hari ini masih 1.5 juta orang oleh karena itu perlu usaha kerja keras sebuah dotcom untuk survive. Bayangkan jika kita bisa menyambungkan konsentrasi massa yang ada di Indonesia terutama di dunia pendidikan karena Internet sangat erat hubungannya dengan dunia pendidikan, maka bukan mustahil kita akan melihat 20-an juta orang Indonesia di Internet. Kemungkinan survive sebuah perusahaan dotcom menjadi lebih tinggi lagi dengan naiknya jumlah massa. Teknologi Warnet akan menjadi kunci untuk itu semua
sebagian di operasikan oleh operator telekomunikasi seperti PT. Telkom, PT. Indosat dll, sebagian lagi di operasikan secara pribadi di internal perusahaan misalnya penggunaan ethernet di LAN. Beberapa perangkat seperti penggunaan WaveLAN 2-11Mbps maupun